Monday, 10 June 2013

LAPORAN INSTALASI SOFTWARE DI WINDOWS BESERTA HASILNYA

Macromedia Flash Player 8










Spesifikasi Minimum untuk Macromedia Flash Player 8 :
  • Processor Intel Pentium III 600 MHz
  • OS Support : Windows 98 SE, Windows 2000, Windows XP
  • RAM minimum 128 MB (disarankan 256 MB)
  • Harddisk Free Space : 190 MB
Cara Instalasi Macromedia Flash Player 8 :

  1. Pertama-tama, download dulu software nya beserta keygen nya. Karena jika tidak ada keygen, maka software ini hanya bisa dipakai selama batas pemakaian yaitu 30 hari.
  2. Jika sudah terdownload, buka foldernya lalu jalankan Setup.exe nya. Dan akan muncul tampilan berikut.
  3. Tunggu hingga muncul Macromedia Flash 8 – InstallShield Wizard seperti pada gambar. Lalu klik Next.
  4. Kemudian, muncul License Agreement, pilih “I accept the terms in the license agreement”. Lalu klik Next.
  5. Setelah itu, muncul Destination Folder. Pilih disk dimana anda akan menginstall Macromedia Flash 8 ini. Jika sudah, masih ada opsi lain lagi. Yaitu apakah anda ingin membuat shortcut untuk software ini di desktop atau quick launch, ini terserah anda. Lalu klik Next.
  6. Kemudian, instal Macromedia Flash Player 8 dengan mengklik Next.
  7. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  8. Jika instalasi sudah selesai, klik Finish untuk mengakhiri proses instalasi.
  9. Langkah berikutnya, masuk ke folder keygen untuk melakukan proses aktivasi. Karena jika tidak diregistrasi/crack, software ini memiliki batas pemakaian selama 30 hari. Jalankan KeyGen.exe, dan ganti pada kolom product dengan Flash 8.
  10. Jika sudah, blok Serial Number pada kolom Serial. Lalu copy dengan menekan CTRL + C atau dengan klik kanan lalu pilih Copy. 
  11. Kemudian jalankan Macromedia Flash Player 8 yang telah terinstall sebelumnya. Dan akan muncul gambar seperti di bawah ini. Pilih “I have a serial number”, lalu klik Continue.
  12. Tekan CTRL + V atau dengan klik kanan pada kolom pengisian serial number lalu pilih Paste.
  13. Jika sudah, akan ada gambar seperti di bawah ini. Lalu klik Continue.
  14. Setelah itu, akan muncul jendela Registrasi. Ini terserah anda ingin diisi atau tidak, kalau saya tidak saya isi. Lalu klik Remind me later.
  15. Proses instalasi dan aktivasi pun sudah selesai. Software Macromedia Flash Player 8 ini sudah siap digunakan. Di bawah ini merupakan interface dari Macromedia Flash Player 8.
Cara membuat Flash Project : Stickman Fight 

  1. Pertama-tama buka dulu Macromedia Flash Player 8 yang sudah terinstall di komputer atau laptop anda. Lalu pilih Flash Document untuk membuat Flash Project baru.
  2. Lalu akan muncul lembar flash baru seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Pertama-tama, kita akan membuat layer stickman terlebih dahulu. Tambahkan layer lagi, hingga menjadi 2 layer pada project. Ubah zoom dari 100% menjadi 400% untuk membuat stickman yang detail. Jika sudah gambar stickman dengan Brush Tool.
  4. Gambar stickman seperti pada gambar dibawah ini.
  5. Lalu selanjutnya kita akan membuat lawan dari stickman di atas. Pada frame 25 kita blok kedua layer lalu klik kanan pilih Insert Frame.
  6. Langkah selanjutnya, kita akan menggambar lawan dari stickman biru. Kita buat stickman dengan warna merah. Pada Layer 2, di frame 25 klik kanan lalu pilih Insert KeyFrame. Insert KeyFrame berguna untuk membuat pergerakan yang berbeda.
  7. Gambar stickman seperti pada gambar di bawah ini. Lalu klik Onion Skin untuk melihat pergerakan stickman sebelumnya. Setelah itu gambar pergerakan stickman frame by frame.
  8. Ini contoh pergerakan sederhana dari stickman merah yang kita buat.
  9. Lanjutkan hingga saat stickman merah selesai melakukan gerakan menendang lalu akan melakukan lompatan hingga memutar badannya. Untuk melakukan Rotate, pilih Free Transform Tool atau dengan menekan tombol Q pada keyboard.
  10. Saat kita memilih Free Transform Tool, stickman merah akan diselect semua bagiannya. Lalu untuk memutarnya, hanya arahkan mouse pada tepi garis Free Transform Tool dan akan muncul mouse untuk Rotate.
  11. Pada akhir pergerakan stickman merah, kita gunakan Free Transform Tool lagi untuk membuat sedikit pergerakan kemenangan dengan mengeser ke kanan dan ke kiri stickman. Gunakan cara, klik kanan pada frame stickman terakhir lalu pilih Convert to KeyFrame. Lalu tekan tombol Q dan arahkan mouse pada garis Transform Tool lalu coba tekan klik kiri dan gerakkan ke kanan. Jika ada perbedaan gerakan, maka berhasil. Jika tidak ada, maka arahkan mouse sampai kalau mouse ditekan klik kiri bisa membuat perbedaan gerakan pada stickman.
  12. Kita sudah selesai membuat pergerakan dari stickman merah. Sekarang kita akan membuat efek pergerakan dari stickman biru yang diserang oleh stickman merah. Pindah ke layer 1, lalu pindahkan frame saat stickman merah melakukan gerakan menendang. Klik kanan pada frame, lalu pilih Insert KeyFrame.
  13. Kemudian, gambar stickman biru dengan pergerakan yang berbeda yaitu jatuh karena tendangan stickman merah. Gunakan Brush Tool yang berbeda untuk membuat efek darahnya.
  14. Setelah itu, gambar stickman biru frame by frame seperti menggambar stickman merah tadi. Jika frame selanjutnya hanya melakukan perbedaan gerakan sedikit saja gunakan Convert to KeyFrame jika tidak gunakan Insert KeyFrame. 
  15. Lakukan sampai pergerakan akhir di bawah ini.
  16. Untuk mengetes flash yang kita buat berjalan atau tidak, pilih menu Control. Lalu pilih Play untuk mengetes flash frame by frame. Jika ingin mengetes sekaligus render flash tersebut pilih Test Movie atau dengan menekan CTRL + Enter. 
  17. Setelah flash yang kita buat selesai kita tes dan berhasil berjalan dengan baik, maka kita akan menambah satu figure stickman lagi. Sama seperti langkah sebelum-sebelumnya, Insert Layer. 
  18. Tentunya, jika kita membuat figure stickman baru kita akan membutuhkan tempat yang luas. Langkah ini kita akan melebarkan project flash kita. Dengan cara, pilih menu Modify. Lalu pilih Document. Akan muncul jendela berikut.
  19. Ubah width nya menjadi 840. Height nya kita tetap 400 saja karena itu ukuran tinggi yang default.
  20. Mulai gambar stickman hijau dengan menekan tombol F7 atau klik kanan pada frame lalu pilih Insert KeyFrame.
  21. Lakukan hal yang sama, yaitu gambar pergerakan stickman hijau frame by frame. 
  22. Setelah selesai, seperti langkah yang sebelum-sebelumnya kita akan membuat efek pergerakan stickman merah karena pukulan dari stickman hijau. Pindah ke Layer 2, lalu pindahkan ke frame saat stickman hijau melakukan Punch. Klik kanan dan pilih Insert KeyFrame lalu gambar pergerakannya.
  23. Lakukan efek jatuh dari stickman merah frame by frame. Untuk membuat Flash Project agak menantang, saat stickman merah melakukan efek jatuh kita tambahkan musuh untuk stickman hijau. Kita coba menggunakan Light Saber (Pedang Cahaya) untuk memulai pertarungan akhir dari Flash Project kita. Ubah dulu background menjadi hitam dengan menambahkan layer Background dan diletakkan paling bawah.
  24. Jika sudah pindah lagi ke Layer yang paling atas sendiri, lalu pindahkan ke frame saat stickman merah melakukan gerakan jatuh. Lalu kita buat KeyFrame dengan F7 atau klik kanan dan pilih Insert KeyFrame.
  25. Disini kita mulai bingung untuk peletakan layer. Untuk memudahkan, klik 2 kali pada layer dan beri nama layer yang memudahkan anda.
  26. Seperti yang sudah kita lakukan sebelumnya, buat efek pergerakan menghindar dari stickman hijau kepada Light Saber. Pindah ke layer Hijau, dan pindahkan ke frame tepat Light Saber sudah menyerang. Dan tekan F7 atau dengan klik kanan lalu pilih Insert KeyFrame.
  27. Tes dulu semua pergerakan yang sudah kita buat dengan menekan CTRL + Enter. Jika berhasil jangan lupa disave. Sejauh ini pergerakan sudah lumayan bagus, sekarang kita akan memperindah background dengan stage seperti sedang di pertarungan. Pindah ke layer background, lalu pada frame pertama kita gambar Square dengan warna Abu-abu menggunakan Rectangle Tool. 

  28. Tes dulu apakah background kita sudah berjalan dengan benar atau belum. 
  29. Jika sudah, perhias lagi background nya dengan menambahkan tulisan pendukung. Kita buat shape dengan Rectangle Tool lalu isikan tulisan dengan Text Tool.
  30. Jika ingin mengubah font, tinggal menggunakan Text Tool lagi. Dan klik pada text. Lalu pada menu di bawah project ada menu style font, warna font, dan ukuran font. 
  31. Seterusnya tinggal menambahkan beberapa figure dan efek pergerakan seperti Blur dan Glow. Kita ambil contoh pada saat stickman merah menendang stickman biru. Pindah ke layer merah, lalu pindahkan ke frame sebelum stickman merah menendang karena kita akan memberikan efek blur saat pergerakannya. 
  32. Klik kanan pada object, lalu pilih Convert to Symbol.
  33. Muncul kotak dialog Convert to Symbol, pilih Movie clip & tekan Enter langsung jika anda inginkan atau anda ingin memberi nama dahulu. Jika sudah klik Ok.
  34. Kemudian, pada pojok kiri bawah tekan Add Filters untuk menambahkan efek blur.
  35. Pilih Blur lalu atur settingan dari blur nya sesuai keinginan anda. Disitu X menyatakan blur horizontal, sedangkan Y menyatakan blur vertikal. Karena menendang, saya atur X nya menjadi 15 dan Y nya 0.
  36. Setelah itu, coba tes Flash project nya. Apakah blur yang kita buat sudah berjalan. Jika sudah, tinggal menambahkan efek blur pada pergerakan yang membutuhkan. Begitu juga Glow, sama seperti langkah-langkah memberi efek blur. Efek Glow diberikan pada Light Saber agar kelihatan seperti cahaya.
  37. Inilah tampilan akhir Flash Project saya. Jika masih bingung, bisa dilihat hasilnya berupa file SWF nya.

    Ini hasil dari Project Flash saya, silahkan didownload untuk belajar.

0 comments:

Post a Comment